smk negeri 15 kota bekasi

SEJARAH SEKOLAH

SMK Negeri 15 Kota Bekasi berdiri tahun 2016 berdasarkan SK Wali Kota Bekasi No.431.5/Kep.245.Disdik/IV/2016 tanggal 19 April 2016 di Padurenan, Mustikajaya. Sekolah memiliki luas tanah sebesar 10.513 m2. Tahun pertama dipimpin oleh Drs.Sugiyono, MM dengan dua kompetensi keahlian teknik komputer jaringan dan farmasi klinis dan komunitas.

Pada tahun 2017 terjadi alih kelola SMA/SMK dari Kota Bekasi ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pada waktu yang bersamaan kepemimpinan SMK Negeri 15 Kota Bekasi dilanjutkan oleh Dra. Supriatin karena terjadi mutasi kepala sekolah dari Provinsi Jawa Barat. Kepemimpinan beliau dimulai dengan Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) sebagai bantuan pemerintah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Seiring meningkatnya minat masyarakat yang tinggi untuk menyekolahkan putra-putrinya ke SMK Negeri 15 Kota Bekasi pada tahun 2018 membuka kompetensi keahlian baru yaitu teknik mekanika industri (TMI) dan teknik instalansi tenaga listrik (TITL) pada tahun 2019. SMK Negeri 15 Kota Bekasi meluluskan 136 alumni angkatan pertama dengan dua kompetensi keahlian. Sebagai bagian untuk mengukur tingkat pencapaian 8 standar pendidikan maka harus melakukan akreditasi sekolah. SMK Negeri 15 Kota Bekasi melakukan akreditasi sekolah dengan hasil yang memuaskan yaitu terakreditasi A.

Tahun 2021 SMK Negeri 15 Kota Bekasi ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan Prioritas Sektor Ekonomi Kreatif oleh oleh Kemdikbudristek. Bantuan pemerintah tersebut berupa bantuan fisik, peralatan, dan non fisik. Selain itu SMK Negeri 15 Kota Bekasi sebagai nominasi Program Innovative ICT-integrated Classroom Pilot Classroom Project oleh IACE, Korea Selatan yang akan memberikan bantuan berupa perangkat TIK dan pelaksanakan pelatihan untuk guru. (mde)